Berita

Kalahkan Borneo FC, PSM Kuasai Puncak Klasemen

Makassar – PSM Makassar menutup pekan ke-11 Gojek Traveloka Liga 1 dengan manis. Kemenangan atas Borneo FC, Senin (19/6) di stadion Andi Mattalatta mengantarkan PSM kembali menguasai puncak klasemen sebagai tim yang bermain paling akhir dipekan ke-11.

Meskipun hujan mengguyur stadion, semangat kedua tim tidak surut. Diawal babak pertama, PSM nyaris membobol gawang Borneo FC melalui sepakan Reinaldo dan Marc Anthony Klok. Tendangan bebas Wiljan Pluim juga nyaris merobek gawang Borneo FC yang dikawal Muhammad Ridho. Namun bola masih melambung tipis diatas mistar gawang. Hingga babak pertama usai kedudukan masih 0-0.

Dibabak kedua, intensitas serangan kedua tim semakin tinggi. Masuknya M. Rahmat menggantikan Romario, dan Ferdinand Sinaga menggantikan M. Arfan menambah daya gedor Pasukan Ramang. Terbukti dimenit ke-65, penjaga gawang Borneo FC melakukan pelanggaran terhadap M. Rahmat dikotak penalti. Wasit menunjuk titik putih dan Reinaldo berhasil mengeksekusi dengan baik. Skor 1-0 untuk tim tuan rumah. Kedudukan tidak berubah hingga pertandingan usai.

Menanggapi hasil pertandingan tersebut, pelatih PSM Robert Rene Alberts mengapresiasi anak asuhnya. Namun dirinya sedikit kecewa karena hanya satu gol yang tercipta. “Kami menguasai jalannya pertandingan dan seharusnya tim yang menguasai jalannya pertandingan mampu mencetak minimal 2 atau 3 gol” ujarnya.

Menjawab pertanyaan awak media terkait rivalitas PSM dan Borneo FC mengenai hasil turnamen TSC tahun lalu, Robert tidak ingin selalu melihat ke belakang. “Sepakbola itu melihat kedepan, pertandingan selanjutnya, bukan pertandingan yang sudah lalu. Yang terpenting juga, sampai saat ini PSM belum pernah terkalahkan di kandang. Ini harus kita jaga bersama”.

Sementara itu, pelatih Borneo FC, Dragan Djukanovic menunjukkan kekecewaannya terhadap kinerja wasit. “Kami sempat memiliki beberapa peluang namun memang kami beberapa kali melakukan kesalahan passing. Tetapi secara taktik kami bermain sangat bagus. Bagi saya seharusnya hasil pertandingan ini imbang. Namun kita sama-sama tau kualitas wasit di liga. Keputusan wasit merugikan tim kami. Wasit seringkali mengambil paksa poin yang seharusnya milik kami”.

Dragan juga mengkritik PT. Liga Indonesia Baru yang dianggap menyusun jadwal berdasarkan keinginan mereka dan tidak adil bagi beberapa tim,salah satunya Borneo FC. “Ada tim yang bermain dikandangnya lebih banyak, ada yang bermain tandang lebih banyak, ini sama sekali tidak adil. Ini mempengaruhi poin dan posisi diklasemen. Tentu saja sedikit banyaknya ikut berpengaruh pada psikologis tim khususnya para pemain” pungkasnya. (*)

PSM Makassar :
Syaiful (GK) – Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, Steven Paulle, Fatur Rahman (Belakang) – Wiljan Pluim, Marc Klok, M. Arfan/Ferdinand Sinaga, Nurhidayat (Tengah) – Romario/M. Rahmat, Reinaldo Elias da Costa (Depan)

Statistik pertandingan ini bisa anda lihat di sini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!