Berita

PSM Gelar Workshop Laws of the Game

Makassar – Manajemen PT. PSM menggelar workshop dengan tema Laws of the Game, Senin (5/6) pukul 14.00 – 18.00 wita, di Grand Celino Hotel. Workshop yang dibagi dalam dua sesi ini diikuti tim pelatih, para pemain dan official, manajemen, serta panpel PSM dan perwakilan Asprov PSSI Sulawesi Selatan.

Workshop yang digelar merupakan bagian dari program edukasi yang wajib dilaksanakan oleh klub. Selain untuk menambah wawasan semua elemen yang ada di tim dan yang terkait dengan tim, program edukasi juga merupakan syarat mendapatkan Club Licensing dari Federasi Sepakbola Asia/ AFC.

“Workshop Laws of the Game merupakan program edukasi pertama yang diselenggarakan oleh PSM sejak Liga 1 bergulir. Ini untuk menambah wawasan dan ajang sharing tim dengan perwakilan PSSI yang paham mengenai Laws of the Game” ucap Media Officer PSM, A. Widya Syadzwina.

Kegiatan yang menghadirkan nara sumber dari PSSI ini disambut baik oleh CEO PSM, Munafri Arifuddin.
“Saya sangat menyambut baik kegiatan semacam ini. Apalagi temanya terkait Laws of the Game. Jadi kita semua dapat belajar dan mengambil manfaat dari workshop ini” ujar Appi, sapaan Munafri.

Appi menambahkan, PSM adalah salah satu klub yang seringkali protes dan tidak puas dengan kepemimpinan wasit yang dianggap tidak memahami laws of the game. “Banyak keputusan wasit yang kami anggap tidak sesuai dengan laws of the game. Karena itu kami juga ingin tahu bagaimana tanggapan nara sumber sebagai kepala departemen wasit terkait hal tersebut” tambahnya.

Kepala Departemen Wasit, Ngadiman Asri yang mewakili PSSI sebagai nara sumber mengatakan bahwa wasit di Indonesia memang masih banyak kekurangannya. Namun terkait laws of the game tidak hanya dipahami oleh wasit, tetapi juga sebaiknya dipahami oleh pelatih, pemain, dan official. “Jika wasit salah dilapangan, pemain boleh menegur. Tentu dengan cara yang baik”.

Ngadiman juga menyampaikan bahwa PSM adalah salah satu klub yang paling sering mengirimkan protes ke PSSI perihal kinerja wasit yang memimpin pertandingan.

Disela-sela workshop, pelatih PSM Robert Rene Alberts, pemain PSM Hendra Wijaya, Zulkifli Syukur, dan Wiljan Pluim menyempatkan diri untuk bertanya sesuai dengan pengalaman yang pernah dialami dilapangan. Acara ditutup dengan buka puasa bersama dan press conference yang dihadiri puluhan wartawan lokal dan nasional. (*)

Leave a Reply

error: Content is protected !!