Berita

PSSI Undang Klub Ikuti Workshop AFC Club Licensing

Jakarta – Federasi Sepakbola Indonesia yaitu PSSI menggelar Workshop AFC Club Licensing dengan mengundang perwakilan klub Liga 1, Minggu (7/5) di Park Lane Hotel Jakarta.

PSM Makassar mengirimkan dua wakilnya yaitu Yahya Sirajuddin (wakil ketua panpel PSM) yang bertindak sebagai Club Licensing Officer, dan A. Widya Syadzwina (Media Officer) yang akrab disapa Wina mewakili manajemen PSM.

Wina menjelaskan, keikutsertaan PSM mengikuti workshop AFC Club Licensing ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi PSM. “Dari sini kita mencoba untuk belajar lebih detail lagi menjadi sebuah klub sepakbola profesional sesuai standar AFC dan FIFA” ungkap Wina.

Wina menambahkan, pada saat workshop seluruh peserta mendapatkan materi terkait sosialisasi regulasi AFC Club Licensing, pemenuhan syarat dan kelengkapan dokumen untuk 5 aspek dari AFC Club Licensing yaitu aspek sporting, infrastruktur, personil (SDM) dan administrasi, legal, dan financial, serta diberikan training penginputan data ke dalam sistem yang terkoneksi dengan PSSI dan AFC.

Tigor Shalomboboy selaku salah satu pemateri workshop yang juga merupakan Operation Director PT. Liga Indonesia Baru menyampaikan bahwa tahun ini PSSI akan melakukan proses licensing kepada 18 klub yang berlaga di liga 1 sesuai arahan dari AFC kepada PSSI.
“Indonesia sudah mendapat slot untuk ikut dalam AFC Champions League dan AFC Cup. Akan ada 4 klub dari Indonesia yang dapat berpartisipasi di kompetisi yang digelar oleh AFC” ucap Tigor saat menggelar press conference setelah workshop usai. Tigor juga menegaskan, pihaknya akan sangat serius dalam membantu klub mendapatkan lisensi dari AFC.

“Kita akan benar-benar serius dalam mengawal dan membantu klub untuk mendapatkan lisensi ini. Sangat disayangkan apabila ada tim yang bagus dan punya potensi untuk menjadi juara tetapi gagal mengikuti kompetisi AFC karena tidak memiliki lisensi”. (*)

Leave a Reply

error: Content is protected !!