Berita

Robert Puji Mental Pemain

PSM Makassar hanya bermain imbang 1-1 melawan Barito Putera, pada pekan 21 Gojek Liga 1 2018 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Jumat (13/9/2018). Hasil ini tentunya di luar target yang dicanangkan. Meski demikian, Robert Alberts memuji mental pemain yang tak kenal lelah berjuang di lapangan.

Terutama, setelah berkali-kali gagal mencetak gol dan tertinggal lebih dahulu dari Barito Putera.
“Mental pemain di babak kedua terlihat sangat luar biasa. Kita bermain bagus dengan mengontrol dan menguasai bola,” sebut pelatih kepala PSM Makassar itu, usai laga.

“Kita punya banyak kesempatan bagus untuk mencetak bola. Sebaliknya, hanya ada satu peluang dari Barito Putera dan itu menjadi gol. Saya apresiasi untuk mental dari para pemain yang bisa menyamakan kedudukan,” lanjutnya.

Kapten PSM, Wiljan Pluim juga mengiyakan mental yang bagus dari para koleganya. Akan tetapi Pluim menyayangkan, tidak banyak peluang yang bisa diakhiri dengan gol.

“Saya pikir kita bermain cukup bagus dengan mental yang juga bagus. Kita menampilkan permainan menyerang dan seharusnya kita bisa mencetak satu gol lagi,” kata Pluim.

Jalannya Pertandingan

Tampil ngotot diawal-awal pertandingan, PSM kesulitan untuk membongkar pertahanan Barito Putera. Pun dengan Barito yang nyaris tanpa peluang ke gawang PSM. Kedua tim bermain imbang hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan.

Memasuki babak kedua, PSM melakukan pergantian di menit 55. Dengan maksud mengubah daya penyerangan, penyerang Alessandro Ferreira ditarik keluar untuk digantikan Ferdinand Sinaga sebagai ujung tombak.

Juga dengan masuknya Guy Junior di menit 60 yang menggantikan pos yang ditempati Heri Susanto sebelumnya.

Hasil dari pergantian tersebut pun mampu menambah daya serang PSM. Alih-alih mencetak gol, Pasukan Ramang justru kecolongan lewat serangan balik cepat yang dilakukan Barito Putera.

Umpan terukur Hansamu Yama mampu diselesaikan dengan sempurna oleh Paulo Sitanggang yang lolos dari penjagaan. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Barito Putera.

Tertinggal satu gol, PSM terlecut untuk menambah penyerangan.

Dua peluang didapat melalui Ferdinand Sinaga dan Wiljan Pluim, namun sayang keduanya masih belum bisa mengubah skor. PSM kembali mendapat peluang emas di menit 79. Ferdinand Sinaga yang menerima umpan ciamik dari Wiljan Pluim sudah tinggal berhadapan dengan kiper Aditya Harlan. Namun sekali lagi sayang, tendangan dari Ferdinand tak sempurna sehingga hanya menyamping dari gawang.

PSM akhirnya membalas gol dari Barito di menit ke-83. Setelah terjadi kemelut, sontekan Ferdinand Sinaga di mulut gawang tak mampu dibendung Aditya. Skor berubah imbang menjadi 1-1.

Semangat Pasukan Ramang makin terbakar setelah terjadinya gol. Peluang didapat ketika tembakan Wiljan Pluim hampir saja melesak ke dalam gawang. Namun bola justru melambung sedikit diatas gawang.

Sayang, meski menyerang dengan sporadis, hingga akhir laga tak terjadi gol tambahan bagi PSM. Dengan hasil imbang 1-1 ini, PSM meraih 32 poin dari 21 laga yang telah dijalani. Tersisa 13 laga kedepan yang masih sangat terbuka lebar untuk meraih asa juara. (*)

Leave a Reply

error: Content is protected !!